BANDA ACEH – Bidang Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan Aceh melaksanakan Perkemahan Satuan Karya Widya Budaya Bakti tahun 2018, diikuti 207 peserta dari jenjang SMK se-Aceh. Mewakili Kadisdik Aceh,Teuku Miftahuddin, selaku Kepala Bidang Pembinaan SMK, membuka kegiatan yang berlangsung hingga 20 Oktober 2018 tersebut di Hotel Grand Aceh Syariah Lamdom, Banda Aceh, Selasa (16/10/2018).

Dia mengatakan, organisasi pramuka konsisten melakukan pembinaan karakter bangsa secara terstruktur. “Kegiatan ini juga menjadi media untuk menggali, mengekspresikan, mengaktualisasikan jiwa kepemimpinan para siswa,” ujarnya.

Pada era teknologi yang berkembang sangat pesat, kata Miftah, aktivitas kepramukaan memiliki posisi strategis untuk menyalurkan minat siswa ke arah yang positif. Karena itu, ia meminta para siswa agar memanfaatkan forum perkemahan tersebut secara produktif. “Tunjukkan kualitas. Kemenangan merupakan tujuan, tapi tetap dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas sesuai dengan Dasadarma Pramuka” ujarnya.

Ketua panitia Perkemahan SAKA Widya Budaya Bakti, Drs Zulkarnaini, melaporkan bahwa kegiatan ini diisi oleh para instruktur dari Kwarcab Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Tenggara, dan Kota Subulussalam. Terdapat lima kegiatan utama, yaitu kepemimpinan, kedisiplinan, kebangsaan, kreativitas dan kepedulian. “Semua kegiatan ini dinilai untuk mendapatkan juara satu, dua dan tiga” jelasnya. | FIKRI