Kontingen Pramuka Kabupaten Aceh Tamiang terpilih sebagai juara pertama Perkemahan Satuan Karya (SAKA) Widya Budaya Bakti jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat Provinsi Aceh tahun 2018.
Sedangkan peringkat kedua dan ketiga masing-masing diraih oleh Kontingen dari Kabupaten Aceh Besar dan Kota Lhokseumawe.
Perkemahan Saka Widya Budaya Bakti SMK 2018 ini ditutup Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslim Yacob M.Pd yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin M.Pd pada Jumat (19/10/2018) malam.
Kepada peserta perkemahan Pramuka se Aceh, Muslim mengharapkan agar serius dalam menimba ilmu yang diberikan oleh kakak-kakak Pembina.
“Dalam setiap kegiatan pramuka banyak yang dapat diperoleh, di antaranya mengenai kecapakan hidup (life skill), berkarakter, kepemimpinan, kedisiplinan, wawasan kebangsaan, kreatifitas, dan kepedulian antar sesama”ujarnya.
Penyerahan medali untuk para juara masing-masing dilakukan Sekdis Pendidikan Muslim Yacob untuk juara I (Aceh Tamiang), Kabid Pembinaan SMK Teuku Miftahuddin untuk juara II (Kabupaten Aceh Besar), dan ketua panitia pelaksana Drs Zulkarnaini untuk juara III (Kota Lhokseumawe).
Kepala Bidang Pendidikan SMK, Teuku Miftahuddin, M. Pd menyebutkan hingga kegiatan ini ditutup ada tiga daerah yang sama sekali tidak mengirimkan wakilnya, yaitu Kabupaten Nagan Raya, Gayo Lues, dan Sabang.
“Padahal, perkemahan ini sangat banyak manfaatnya bagi siswa SMK, di antaranya; untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa” jelasnya.
Sementara itu kegiatan perkemahan berlangsung 16 – 20 Oktober di Grand Aceh Syariah Hotel, Banda Aceh, yang menghadirkan tenaga instruktur dari Kwarcab Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Tenggara, dan Subulussalam.|Fikri